2013-04-26

Mengendalikan Google Glass Terungkap

Kacamata pintar Google Glass ternyata bisa dikendalikan dengan berbagai cara. Selain dikendalikan dengan jari, gerakan kepala dan perintah suara; kacamata pintar Google juga bisa dikendalikan dengan kedipan mata.

Cara navigasi kacamata pintar ini terungkap dalam baris kode pemrograman di aplikasi MyGlass yang memang jadi pendamping Google Glass. Seorang pengguna situs Reddit dengan nama fodawin membongkar aplikasi MyGlass lalu mengambil screenshot kode pemrograman dan terungkaplah beberapa informasi menarik soal cara navigasi Google Glass.

Di sana ada kode yang menjelaskan cara navigasi, meliputi: HEAD_GESTURES, EYE_GESTURES (termasuk WINK_TAKE_PHOTO), BROWSER_TWO_FINGER_ZOOM, GUEST_MODE, dan COMPANION_SCREENCAST.

 Paul Sakuma/AP Salah seorang pendiri Google, Sergey Brin, memakai kacamata pintar Google Glass

Seperti dikutip dari TheNextWeb, Senin (22/4/2013), navigasi dengan jari dilakukan untuk berselancar internet. Dengan ini, pengguna bisa mencubit trackpad untuk melakukan zoom in dan zoom out halaman situs.

Kacamata pintar akan dibenamkan sejumlah sensor untuk mendeteksi perintah suara dan gerakan.

Mengambil foto bisa dilakukan dengan kedipan mata. Namun, fitur yang satu ini sepertinya bisa dinonaktifkan. Pengguna tentu tak ingin dibuat repot jika setiap kali mengedipkan mata, lalu kacamata pintar selalu mengambil foto.

Mengingat kacamata pintar masih berstatus produk prototipe, Google tampaknya masih mencari cara terbaik dalam menavigasi Google Glass. Cara navigasi yang terlalu banyak akan menyulitkan pengguna dalam mengeksplorasi fitur Google Glass.

Diambil dari KOMPAS.com

No comments: